Akhirnya penjajahan itu terbalas sudah..Begitulah pikiran yang terlintas dalam benak saya ketika sang juri menobatkan Chris Jhon sebagai pemenang dalam adegan baku hantam dengan Zaiki Takemoto, petinju dari bangsa jepang. Ya Petinju dari bangsa yang pernah menjajah Indonesia kita dalam kurun waktu 3,5 tahun. Menjajah dengan segala kelicikan dan kekejian..Semuanya tak lagi seperih dulu, ,karena sudah sedikit mengering luka malam tadi..Sekarang penjajahan itu terbalas sudah..Bendera merah putih berkibar di Korakuen Hall, Tokyo, Jumat (24/10/2008), dihadapan beratus kepala bangsa bermata sipit itu..Ada rasa bangga menyelusup dalam hati, mengalir bak oasis di tengah Padang Pasir. Memang sich,,”pembalasan dendam” yang diperjuangkan chris belum seberapa dibandingkan apa yang pernah dilakukan bangsa mata hari terbit itu terhadap Ibu Pertiwi. Namun paling tidak, segores luka yang

menganga bisa tertutupi.Saya berpikiran,,perdana Menteri Jepang tentu sangat terkejut mendengar dendangan Indonesia Raya dan Kibrana Merah Putih di tanahnya..Bagaimana mungkin,,bangsa “kecil” seperti Indonesia, bangsa yang pernah mereka kangkangi

bisa mengebarkan bendera dan berpesta di Negeri mereka, semua yang dianggapnya Imposible sudah terbukti..Kehebatan bangsa Jepang tidak ada arti-nya bagi seorang chris John..Kita bangsa besar yang bisa membalas kekalahan dengan cara yang lain..Bangsa yang mengiris dengan sayatan tipis..sayatan yang awalnya tidak terasa tapi teramat perih diakhirnya. betul-betul pembalasan yang hebat walaupun belum setimpal. Lengkap sudah kebahagian yang saya rasakan..

HAHAHAHAH….Saya tertawa sendiri dan tanpa sadar saya memandangi patung burung garuda yang sayapnya patah di Kamar saya (Patung yang saya pungut di tong sampah Jalan Permindo, Kota Padang). Burung yang selalu menengok ke arah kanan itu sekan juga tertawa dan mengepakan sayapnya pertanda bangga..Ini bukan kemenangan Chris jhon,,bukan sekedar kemenangan petinju tapi kemenangan Bangsa atas Semua luka dan kekerasan yang pernah dirasakan.

“Darah Itu merah Jenderal” Lontaran ucapan Jenderal Jepang yang menyanyat salah seorang Jenderal Perang Indonesia sembari menitikan air asam kelukanya seakan berbalik arah…Jenderal jepang berganti kena sayatan.

Jujur saja,, saya sangat bahagia melihat lebam membiru di Mata Zaiki..saya bangga melihat pukulan bertubi yang bersarang di wajahnya..Twa Chris adalah tawa bangsa Indonesia sekaligus tangisan bangsa Jepang..Itu sedikit bukti kalau kita bangsa yang tidak bisa di pandang remeh..Itu baru pembalasan kecil..pembalsan yang bak bola salju,,yang semakin membesar dan memporan-porandakan semuanya..Tunggu saja..

Terakhir dari tulisan yang penuh luapan emosi ini..Terima kasih Bang Chris…pembalasan-mu bak lentera yang menerangi sesosok tubuh yang kesakitan di atas pembaringan yang sudah kotor..Hantam semuanya..Saya bangga pada-mu..Saya bangga melihat lentingan tangan-mu menghantam wajah lawan-mu..

Iklan