Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Padang, menilai untuk saat ini Kota Padang masih menempati ranking tinggi dalam soal pemakaian obat terlarang. Hal itu disampaikan oleh ketua BNN Kota Padang Drs H Y usman kasim MM kepada wartawan disela-sela “lawatanhya” ke Polsek Padang Utara untuk melihat hasil tangkapan Polsek Padang Utara yang berhasil mengamankan 4,5 kilo ganja kering serta dua orang tersangka.

“Untuk sementara ini dan merunut data BNN pada tahun 2006 Kota Padang menempati peringkat ke-5 dalam soal pemakaiana Narkotika. Seharusnya dengan “status” itu kita sadar diri karna kita masyarakat Minang Kabau yang dianggap bermatabat ternyata mempunyai reputasi yang buruk. Dimana harga diri kita di-cap sebagai “suku doyan narkoba”, mau dikemanain malunya. Konsekwensinya Budayakanlah memakai kata “tidak” jika kita bertemu dengan barang haram,”ujar Yusman.

Yusman menambahkan, untuk memerangi Narkoba serta mengsukseskan program Pemerintah yang mencanangkan 2015 indonesia bebas narkoba maka perlu adanya kerja sama segala pihak dan berusaha semaksimal mungkin menutup ruang gerak para pengedar dan pemakai narkoba. Setidaknya dalam skala yang lebih kecil kita bisa memberikan semacam wejengan pada keluarga kita tentang bahaya narkoba serta menanamkan kalau pemakaian narkoba sama saja dengan kita menjeratkan tali ke leher kita sendiri.

“sebenarnya di bahu kita masing-masing teremban tugas untuk melepaskan indonesia beserta anak bangsanya dari jeratan narkoba namun mengapa kita terlalu sering menutup mata dengan apa yang terjadi di sekitar kita. Kalau kita hanya sekedar mengharapkan Polri memberantas narkoba ini tentu dengan hanya dengan jumlah anggota yang terbatas mana mungkin Polri bisa secara maksimal memberantas Narkoba,” timpal Yusman Kasim.

Terkait dengan keberhasilan penangkapan 2 gembong ganja kelas kakap oleh Polsek Padang Utara, di bawah Pimpinan Kapolseknya yang baru Akbp Asril Radjam. Yusman selaku Ketua Badan Narkotika Kota Padang mengucapkan terimakasih atas dedikasi yang diberikan Polsek Padang Utara dalam pemberantasan jaringan narkoba.”Semoga ini terus berlanjut,” tukas Drs H Yusman Kasim MM yang untuk sekarang ini selain menjabat sebagai ketua BNN Kota Padang juga sebagai Wakil Walikota Padang.(**)

Iklan